Tulis & Tekan Enter
Logo

Kapolri Apresiasi Langkah Cepat Forkopimda Netralisir Daerah-Daerah di Papua

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan situasi di Papua Barat hingga Papua usai unjuk rasa yang berakhir kerusuhan sudah terkendali. Tito menyebut kegiatan masyarakat dan perekonomian di Papua dan Papua Barat normal kembali.

“Kemarin kita ke Papua Barat, Manokwari, kemudian rapat dengan jajaran forkopimda yang ada di Manokwari, termasuk beberapa pimpinan daerah Wali Kota Sorong, Bupati Maybrat dan lain-lain. Hasil kesimpulan kita situasi di Papua Barat sangat terkendali. Ada memang beberapa unjuk rasa kecil tapi dapat dikendalikan, situasi sudah kembali normal penuh di sana baik aktivitas seluruh masyarakat maupun ekonomi,” kata Tito kepada wartawan di Lanud Silas Papare, Sentani, Papua, Rabu (4/9/2019).

Selain Papua Barat, Tito mengungkap wilayah Papua, khususnya Jayapura, saat ini juga sudah kondusif. Dia menyebut situasi di Papua cepat kondusif lantaran pasukan bersiaga di lokasi.

“Hasil pengamatan kita situasi di Papua kembali normal, ada beberapa tempat bekas kerusakan tapi secara umum situasi sudah kembali normal situasi. Kenapa cepat, pertama adalah adanya penambahan pasukan, pasukan Polri dan TNI sudah capai 6 ribu yang ada di Jayapura,” ungkap Tito.

Tito mengatakan jumlah pasukan yang diterjunkan sebanyak 6 ribu di Papua untuk menjaga objek vital dan pusat-pusat masyarakat. Tito mengungkapkan penerjunan pasukan ini untuk meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat terhadap TNI-Polri.

“Jadi pasukan bukan untuk disimpan tapi pasukan untuk digelar tujuannya untuk memberi efek deterrent dan membuktikan negara itu ada. Karena aksi anarki beberapa saat yang lalu sempat buat kepercayaan publik teehadap efektivitas keamanan berkurang. Nah itu harus kita bangkitkan keamanan dan kepercayaan publik bahwa keamanan dijamin oleh negara,” papar Tito.

Selain itu, Tito juga mengapresiasi langkah cepat forkopimda menetralisir daerah-daerah di Papua. Menurutnya, langkah gubernur, wali kota dan bupati ini yang membuat situasi cepat kondusif.

“Ini yang buat situasi cepat kembali normal, masyarakat percaya situasi dijamin keamanannya oleh aparat TNI dan Polri. Masyarakat sudah merasa nyaman atau setengah nyaman karena pemda hadir dekati masyarakat dan lakukan dialog menyejukkan,” ucapnya.



Dipost Oleh Conde Magelang

Portal Resmi Tribrata News Humas Polres Magelang Kota

Tinggalkan Komentar